Kecerdasan Finansial

kecerdasan finansial :
Bulan 1 penghasilan 1 jt, belum bisa nabung ...pemasukan sama dgn pengeluaran.
Bulan 2 penghasilan 1,5 jt, nabungnya 100 ribu tapi akhir bulan ditarik lagi.
Bulan 3 penghasilan 2 jt, .... nah sekarang mestinya bisa nabung 500 ribu. Tapi jawaban kita : "apa, 500 ribu? 500 ribu dari hongkong !!! kebutuhan begitu banyak, ini malah kurang..."
Kenapa bisa begitu ya....?
Ini terjadi karena kita menabung di akhir bulan. Menabung dianggap menyisihkan sisa dr pengeluaran.
Bagaimana caranya agar tabungan selalu ada dan tetap utuh?
1. Menabunglah di awal bulan begitu kita terima gaji.
2. Buat rekening bank untuk tabungan investasi terpisah dgn rekening bank keperluan harian. Gunting kartu atm rekening investasi kita agar sulit melakukan penarikan.
Tentukanlah pengeluaran untuk kebutuhan pokok 1 bulan. Masukan sejumlah uang dari gaji sesuai jumlah kebutuhan pokok itu ke rekening harian. Masukan sisa gaji ke rekening tabungan investasi. Kalau gajian dgn trasfer, transfer sisa untuk kebutuhan pokok bulanan ke rekening investasi.
Hiduplah dgn uang dari rekening harian. Seandainyapun ada kekurangan di akhir bulan, yakinlah kita tidak akan kelaparan. Manusia akan keluaran kreatifitasnya saat tertekan. Ayoo.. kita keluar dari zona nyaman kita.
Kenalilah antara kebutuhan dan keinginan. Tidak semua yg kita inginkan adalah kebutuhan. Kalau semua keinginan dianggap sebagai kebutuhan, maka tidak akan pernah habis karena keinginan manusia adalah semua yang ada di muka bumi ini bahkan yg belum ada.
Gunakan tabungan investasi untuk membeli sesuatu yg berkembang : emas, properti, dll.
Menunda keinginan adalah kunci sukses berinvestasi.
Selamat menabung selagi muda. 

0 Response to "Kecerdasan Finansial"