Bagaimana Memilih Topik Blog Dengan Google Trends atau Suggest ?


Bagaimana Memilih Topik Blog Dengan Google Trends atau Suggest ? Tema kali ini adalah bagaimana memilih topik blog yang akan kita buat nanti.
Memilih topik adalah 70% dari seluruh kegiatan blogging. Topik adalah sesuatu yang akan mencirikan seluruh postingan yang kamu tulis. Ada dua jenis blog yang bias kamu buat, blog dengan konten spesifik atau blog dengan konten beragam. Tetapi, saya sarankan, jika kamu membuat blog sebaiknya mengisis konten yang spesifik agar pengunjung mengingat blogmu dan tidak hanya sekedar lewat. Ada banyak topik yang bias kamu buat, misalnta tentang dirimu sendiri, bisnis, komunitas yang kamu punya, profesi, perjalanan, sastra, jurnalis, pendidikan, spam, tutorial, atau blog yang hanya sekedar menembak kata kunci.

Masalah utama yang muncul adalah topik sangat beragam dan blogger jumlahnya sangat banyak. Jadi apa solusinya? Itu tidak masalah. Ikuti rumus ATM yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi. Dua blog dengan topik yang persis sama tidak menjamin keduanya juga memiliki jumlah pengunjung dan loyalitas pengunjung yang sama. Jadi meniru topik orang bukanlah hal tabu yang tidak boleh kamu lakukan, tetapi sah-sah saja asalkan postingan kamu tidak meniru apalagi menjiplak. Ada 2 cara yang akan saya bagikan ke anda, yaitu yang pertama cek di google Trends dan yang kedua cek di Google Suggest.

Berikut tips memilih topik melalui Google Trends:


Kegunaan Google Trends adalah mencari tahu seberapa banyak orang mencari kata kunci yang kamu pakai dan dari mana asal orang yang mencari kata kunci tersebut. Ini berguna sebagai bahan pertimbangan untukmu dalam memilih topik blog yang bagus di Search Enggine Google. Misalnya jika sedang menganilis topik dengan kata kunci tips dan trik, inilah cara-cara untuk mengetes topik tersebut di Google Trends.
Sebelumnya kunjungi http://www.google.com/trends/


Kamu lihat, kan, form yang mirip form pencarian Google? Masukkan kata kunci topikmu di sana, lalu klik pencarian seperti gambar berikut.



Beberapa saat kemudian akan muncul hasil dari google trends pencarian kata kunci Tips dan Trik. Lihat keterangan region/ wilayah dibagian bawah. Kamu akan mengetahui bahwa kata kunci tersebut banyak diakses Negara mana saja. Dengan mengetahui pangsa pasar, kamu bias memutuskan harus memakai blog dengan bahasa apa da gaya bahasa bagaiman. Ada lagi cara akan kamu pakai dalam memilih topik blogmu. Ikuti langkah selanjutnya.
Jika kamu memasukkan satu kata kunci, sekarang mesukkan tiga kata kunci yang berbeda di satu form pencarian trends seperti ini.


Klik kembali search untuk melihat hasilnya.


Hasilnya akan sedikit berbeda dengan saat kita memasukkan satu kata kunci. Namun, sekarang kamu bisa bandingkan mana kata kunci yang paling dashyat untuk dipakai topik blogmu. Perhatikan tiga warna yang berbeda beserta keterangan. Tips blog adalah kata kunci yang paling banya di cari dibandingkan dua kata kunci lain.

Jika kamu masih gamang terhadap topik yang akan kamu pakai, coba pakai Google Suggest akan memberi tahu jumlah orang yang mencari kata kunci mirip dengan yang kamu pakai. Misalnya, jika sebelumnya saya saya memakai contoh tips blog, sekarang saya akan memakai kata kunci blog saja. Terlebih dahulu, kunjungi link https://www.google.com/webhp?complete=1&hl=en.
Sekilas memang tampak seperti mesin pencari Google biasa, etapi coba deh, kamu masukkan kata kunci "blog" ke form pencarian, tunggu beberapa saat.

Sekarang bisa dilihat berapa orang yang mencari kata kunci tersebut. Saat kamu memasukkan kata kunci :blog" maka google menyarankan beberapa kata kunci terkait. Dari gambar diatas kata kunci yang paling banyak dicari adalah Blogger. Tapi jangan sekali-kali anda tertipu akan hasil tersebut . Buka berarti hasil pencarian paling banyak adalah kata kunci terbaik untukmu. Semakin tinggi angkanya, semakin banyak sainganmu yang memakai kata kunci sama. Kamu harus pintar-pintar memilih kata kunci yang cocok. Paling tidak, hasil pencarianya dikisaran satu hingga lima juta. Dengan begitu, sainganmu tidak terlalu banyak dan kata muncimu masih populer.

Sekian, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih (buku sakti nge-blog).Bagaimana Memilih Topik Blog Dengan Google Trends atau Suggest ?













0 Response to "Bagaimana Memilih Topik Blog Dengan Google Trends atau Suggest ?"