13 Tips dan Trik Cara Menghemat Baterai All Android



13 Tips dan Trik Cara Menghemat Baterai All Android, Punya ponsel berbasis Android memang menyenangkan, terlebih jika km adalah seorang yang suka bereksperimen dengan gadget dan dunia teknologi. Keasyikan bermain game dengan ponsel Android juga membuat waktu terasa begitu cepat berlalu karena waktu anda hanya diisi dengan kegiatan yang menyenangkan.


Namun, perlu diketahui juga, semakin banyak aplikasi yang anda install pada Android juga akan berpengaruh pada daya tahan baterai. Saat asyik bermain Android, anda mungkin baru menyadari kalau kondisi baterai sudah lemah dan harus dilakukan charger ulang.
Bukan masalah jika pada saat tersebut sedang membawa charger, tetapi bagaimana jika hal tersebut terjadi ketika sedang di perjalanan atau kondisi lain yang tidak memungkinkan untuk charger baterai?


Masalah tersebut bisa sedikit teratasi dengan cara melakukan penghematan baterai ponsel Android. Lalu, bagaimana cara menghemat baterai dari ponsel Android?
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagai tips bagaimana cara menghemat penggunaan ram pada android untuk meningkatkan dan menjaga peforma android anda. Penggunaan RAM anda selalu di atas 90%? Berarti anda wajib mencoba tips Menghemat Penggunaan RAM yang saya berikan ini.


Sebelum saya melakukan optimasi ram dengan disable service, penggunaan ram (memory) android saya rata-rata 80% – 95%, namun setelah melakukan disable service pada beberapa aplikasi, penggunaan ram menjadi 50% – 85%, dan rata-rata stabil di angka 57%, fantastis bukan??
Berikut langkah-langkahnya


1.Disable Service

Disini saya menggunakan aplikasi yang bernama Disable Service, dari namanya saja, saya harap anda semua sudah paham dengan cara kerja aplikasi ini. Disable service akan membantu anda untuk mendisable (menonaktifkan) service pada aplikasi yang tidak terlalu kita butuhkan, sehingga akan menghemat penggunaan ram.Saya akan memberi contoh, bagaimana mematikan (disable) service yang tidak terlalu dibutuhkan pada aplikasi BBM Android : Install aplikasi disable service.

          Jalankan disable service
          Pilih BBM
          Uncheck semua service, selain BBMService dan BBMAcountService
          Restart android anda.
Note : Aplikasi Disable Service ini membutuhkan akses root, jadi pastikan android anda sudah dalam keadaan rooted!!


2. Minimalkan Konfigurasi Display Android


Tidak perlu dipungkiri lagi, salah satu device yang paling banyak memakan baterai di android adalah layar/display. Untuk lebih menghemat baterai, coba setting agar Display seredup mungkin sampai batas mata anda masih bisa melihat dengan jelas Display tersebut. Jangan terlalu gelap karena hal tersebut malah membuat mata anda menjadi sakit. Penghematan baterai memang penting, tetapi kesehatan mata masih jauh lebih penting dari baterai.


3. Minimalkan Waktu Pada Screen Time Out




4. Nonaktifkan Wi-Fi, Bluetooth


5. Nonaktifkan Apps Yang Melakukan Sinkronisasi Otomatis


6. Gunakan Task Manager Untuk Melihat Aplikasi Yang Berjalan & Matikan Aplikasi Yang Tak Terpakai


7. Buang / non aktifkan Aplikasi Yang Tidak Berguna



8. Nonaktifkan Widget Home Page & Animasi Wallpaper Yang Tidak Dibutuhkan


9. Atur Ponsel Hanya Menggunakan Jaringan 2G


10. Gunakan Power Control Widgets


11. Pilih tingkat pencahayaan display yang paling rendah.



12.Lebih selektif dalam menginstall aplikasi yang sekiranya akan berjalan di background.


13. Matikan Koneksi data internet jika tidak diperlukan. 

Dengan cara menginstall APNDroid, Atau Juice Defender (free di market), tapi saya pribadi lebih menyarankan install Green Power Premium bagi yang benar-benar ingin menghemat batrenya!(coba cari di pasar malam) aplikasinya ringan tapi lengkap. dengan aplikasi ini kita dapat mengatur berapa menit/jam skali koneksi data terbuka dan berapa lama koneksi terbuka, aplikasi ini mempunyai mode malam, sehingga pada malam yang telah kita atur waktunya aplikasi ini akan menon aktifkan semua layanan koneksi data. (Perhatian! Aplikasi ini menyebabkan kita tidak selalu tergubung internet sehingga layanan Push email!Push messegging, MMS akan berjalan tidak normal).



NOTESangat Tidak Disarankan!!. Selalu Mematikan Aplikasi yang berjalan di background dengan task killer atau Andvance task Killer atau yang sejenisnya. Alasan: System pada android adalah system yang cerdas, dia tau saat dimana dia membutuhkan ram atau tidak, jika dia membutuhkan ram maka scara otomatis dia akan menutup aplikasi yang memang udah tidak diperlukan lagi. Menutup Aplikasi dengan paksa (task killer) hanya akan membebani CPU dan ram ketika aplikasi itu kembali dinyalakan. ini malahakan membuat batre cepat habis. Itulah yang mendasari mengapa tidak ada exit/close pada aplikasi android kebanyakan.

Masih Diperdebatkan!! 1. CPU Throttling atau menurunkan Clock Speed pada Prosesor. Biasanya dengan menginstall Set CPU (root). Sampai saat ini penurunan clock speed prosesor msh diperdebatkan di forum forum android apakah memang efektif ato tidak, ada sebagian yang mengangap cara ini dapat menghemat batre ada sebagian malah mengatakan aplikasi semacam ini gak berguna dan malah membuat batre smakin cepat habis.
Alasan yang mendukung: - Dengan menurunkan Clock speed otomatis energi listik yg mengalir ke proci akan semakin kecil. - Terlebih lagi disaat kita tidak sedang membutuhkan proci besar, misalnya pada saat layar dalam keadaan mati atau pada saat tengah malam kita sedang tidur. Pada saat itu tentu kita jelas2 sedang tidak memakai tlp jadi buat apa Clock speed sebesar 1 ghz?

Alasan yang menolak: - Android adalah sebuah platform cerdas, dan semenjak kemunculan enclair (2.1) android mempunyai kemampuan memanagemen proci, ram, batrei dll yang lebih baik. Pada saat HP tidak dipergunakan, android secara otomatis akan menurunkan energinya ke proci. - Aplikasi Set CPU yang selalu terus menerus memantau arus ke proci dinilai malah akan memakan banyak batrei ujung-ujungnya bukan malah menghemat tapi akan semakin menjadi boros. - Buat apa kita membeli android 1 ghz yang mahal atau dual core namun pada ujung-ujungnya kita malah munurunkan kemampuannya.

Selain cara-cara di atas, masih banyak lagi trik yang bisa digunakan agar ponsel Android lebih hemat energi. Penting untuk diingat, gunakan trik ini secara bijak. SEMOGA BERMANFAAAT. 13 Tips dan Trik Cara Menghemat Baterai All Android.

0 Response to "13 Tips dan Trik Cara Menghemat Baterai All Android"