KEUTAMAAN AIR KELAPA MUDA UNTUK KESEHATAN

Manfaat air kelapa muda bukan sebatas sebagai penghilang dahaga atau diolah menjadi nata de coco dan beberapa jenis makanan atau minuman lain. Lebih dari itu, air kelapa muda memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Hal ini tentu saja tidak dapat dilepaskan dari kandungan gizi air buah nyiur ini yang sangat tinggi. Air kelapa muda mengandung asam amino yang lebih tinggi dibandingkan yang terdapat di dalam susu sapi. Kandungan gizi lain yang terdapat pada air kelapa muda, antara lain kalori, karbohidrat, air, protein, garam, abu, gula,  fosfor, kalsium, magnesium, besi, belerang, dan tembaga. Air kelapa muda yang memiliki rasa manis segar ini juga kaya akan kandugan vitamin, antara lain asam nikotinat, riboflavin, asam pantotenat, biotin, asam folat, dan vitamin C.

Dengan kandungan gizi yang begitu banyak, tidak heran jika air kelapa muda sangat baik untuk dikonsumsi dan mampu memberikan banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa dari Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan. 

1.    Menjaga kesehatan jantung
Kandungan magnesium dan kalium pada air kelapa muda yang tinggi bermanfaat untuk menurunkan risiko seseorang terkena serangan jantung.

2.    Berkhasiat sebagai diuretik
Air kelapa muda memiliki khasiat melancarkan pengeluaran urine. Sementara itu, pengeluaran air seni sendiri sangat bermanfaat untuk tubuh karena bersama keluarnya urine, racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh pun akan ikut terbuang.

3.    Mengatasi dehidrasi
Air kelapa mengandung kadar elektrolit yang tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk merehidrasi tubuh yang kekurangan cairan akibat diare, disentri, kolera, atau setelah berolahraga. Dengan kemampuannya mengatasi dehidrasi ini, air kelapa dikenal pula sebagai minuman isotonik.

4.    Sebagai obat luka bakar
Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi luka bakar. Caranya tidak sulit. Campur air kelapa dengan kunyit bubuk dan air kapur sirih. Lalu oleskan pada bagian yang mengalami luka bakar.

5.    Mengobati cacingan pada anak-anak
Air kelapa muda memiliki khasiat untuk mengobati cacingan pada anak. Siapkan satu gelas air kelapa muda. Tambahkan sedikit air jeruk sitrun. Ramuan ini diminum 3 kali sehari.

6.    Mengatasi gangguan pencernaan
Konsumsi satu gelas air kelapa akan membantu mengatasi gangguan pada saluran pencernaan. Khasiat ini dimiliki air kelapa karena kandungan asam laurat yang ada di dalamnya.

7.    Menjaga kesehatan kulit wajah
Air kelapa juga sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Air kelapa muda berkhasiat untuk menghilangkan jerawat, memudarkan flek hitam, dan menyamarkan kerutan. Air kelapa muda juga mampu mengatasi kulit kering dan menjadikannya halus bercahaya. Semua manfaat ini bisa didapatkan dengan cara mencuci muka setiap hari menggunakan air kelapa.


Di balik rasanya yang manis segar itu, ternyata tersimpanmanfaat air kelapa muda yang sangat banyak untuk kesehatan.

0 Response to "KEUTAMAAN AIR KELAPA MUDA UNTUK KESEHATAN"